Cara Sederhana Mengatasi Talang Bocor

Bagi kebanyakan rumah yang memiliki talang, pasti pernah merasakan talang bocor. Apalagi saat menghadapi musim hujan. Talang adalah saluran air yang menampung air dari cucuran atap rumah.

Biasanya talang terbuat dari macam-macam material. Diantaranya yang banyak dipakai adalah seng. Bahan yang lain adalah karet, paralon, galvalum, cor semen, walaupun masih ada yang memakai bambu yang dipecah menjadi 2 bagian sama. Biasanya bambu ini untuk sekedar estetika.

image

Masing-masing material mempunyai ciri khas dan daya tahan yang berbeda-beda. Tentunya ketika bocor masing-masing material mempunyai cara dan trik tersendiri mengatasinya. Berikut kita kupas masing-masing satu per satu.

Talang Seng

Bahan seng ini paling banyak dipakai untuk talang, selain daya tahan maupun umurnya bisa mencapai 5-10 tahun, talang seng lebih kuat dalam menahan luapan air hujan. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan talang seng ini adalah meminimalisir adanya lekukan-lekukan, karena apabila terjadi lekukan, biasanya itu adalah awal seng akan mengalami korosi.

Seng tidak akan bertahan lama. Korosi berawal dari lekukan, karena semakin lama, air yang mengendap lama akan membuat seng keropos. Semakin lama semakin melebar.

Cara mengatasi talang seng bocor.
– Pastikan kemiringan talang cukup untuk mengalirkan air hujan.
– Usahakan air tidak menggenang di salah satu sisi seng. Ketika air mengalir, air langsung menuju pipa pembuangan.
– Apabila terjadi keropos, segera bersihkan talang, kemudian bagian yang keropos tadi di isolasi dengan isolasi khusus seng. Isolasi ini khusus untuk talang seng. Banyak dijual di toko bahan bangunan. Isolasi ini berbahan seperti aspal, semakin terpapar panas, isolasi ini semakin erat menempel.
Berikut penampakan isolasi talang seng :

Talang Cor Semen

Talang cor semen biasanya digunakan pada rumah yang berbatasan langsung dengan lahan tetangga. Talang ini mempunyai umur pakai yang tahan lama, bisa mencapai 10 tahunan. Asalkan pembuatannya sesuai dengan prinsip yang benar.

Hal yang paling prinsip adalah membuat kemiringan talang  cor yang signifikan. 5 °-10 ° cukup untuk membuat air langsung amblas dan tuntas. Bahan adukan yang baik jg harus diperhatikan. Karena cor yang tidak padat dapat membuat air merembes masuk. Terlihat seperti rembesan membentuk bocor rambut. Semakin lama, ditumbuhi lumut, dan menyebar kemana-kemana.

Apabila kebocoran telah terjadi, cara mengatasinya adalah membersihkan permukaan cor dari lumut-lumut, kemudian kuaskan cairan penutup permukaan, dipasaran tersedia merk Aquaprof, No Drop, dll. Biarkan mengering dan ulangi sampai 3 x.

Talang Karet

Talang karet juga banyak tersedia di toko bangunan, sifatnya yang mudah dibentuk, memudahkan pemasangan bahan karet ini. Bahan karet ini lebih tahan terhadap genangan air, namun tidak tahan terhadap terik matahari.

Bahan karet akan mudah kaku bila sering terpapar panas. Akhirnya akan pecah, kebocoran bermula dari pecahnya karet yang kaku. Penambalan bisa dilakukan dengan isolasi seng, namun tidak akan bertahan lama. Karena aspal sulit menempel pada karet yang sudah kaku.

Solusi termudah adalah dengan mengganti bagian yang retak tadi dengan yang baru. Mengganti tidak harus semuanya, potong bagian yang retak sekira 0.5 meter, atau tergantung panjang retakan. Buang dan ganti dengan yang baru, semisal talang yang dipotong 0.5 meter, ganti dengan lebih panjang misal 1 meter. Karena fungsinya untuk meletakkan talang baru diantara dua talang lama, dengan posisi dibawah dan diatas. Persis seperti pemasangan genteng. Untuk menghindari melorot, paku disisi- sisinya pada penopang kayu.

Sedangkan talang galvalum, saat ini sedang banyak dipakai karena sifatnya yang tahan terhadap korosi, setidaknya lebih tahan terhadap perubahan cuaca. Namun harganya lebih mahal daripada talang seng.

Untuk talang PVC atau paralon, sebagian besar kerusakan memang terkait bahan PVC yang mudah rapuh bila terkena perubahan rencana. Solusinya mengganti dengan yang baru.

Pada intinya talang sangat vital peranannya dalam rumah, bila tidak segera diatasi, kebocoran bisa merusak kayu usuk, plapon dan lain-lain. Mengatasinya pun tidak sulit bukan?.

Iklan