Kisah Orang Sukses : SANDIAGA UNO

 

 

Muda, ganteng, kaya raya, sukses, punya banyak perusahaan. Siapa tidak ingin sesukses beliau. yaitu pengusaha nasional yang merambah banyak bidang bisnis. Siapa lagi sosok itu kalau tidak Sandiaga Salahudin Uno. Diusianya yang masih tergolong muda, 41 tahun, Sandiaga Uno sudah menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia, ya bukan se Jakarta, tapi se Indonesia.

Sandiaga Uno pada mulanya hanya karyawan dari sebuah perusahaan yang bangkrut karena terkena krisis ekonomi 1997-1998 lalu. Tak lama menganggur, Sandi Uno kemudian mendirikan perusahaan di bidang keuangan, PT Saratoga Advisor. Bisnisnya terus menanjak dan sukses mengakuisisi sejumlah perusahaan. Tahun ini dia sukses mengakuisisi maskapai penerbangan Mandala Airlines yang sebelumnya bangkrut.

Ia juga kin dipercaya direksi di sejumlah perusahaan papan atas di Indonesia seperti PT Adaro Indonesia, PT Indonesia Bulk Terminal, PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia, dan sejumlah perusahaan lainnya.

Perlahan namun pasti, pria yang mendapat gelar Bachelor of Business Administration dari Wichita State University pada 1990 dan memperoleh gelar Masters of Business Administration dari George Washington University Masters of Business Administration dari George Washington University pada 1992 ini dapat merintis perusahaannya. Sandi merupakan salah satu pendiri Saratoga Capital, sebuah perusahaan investasi yang didirikan bersama Edwin Soeryadjaya pada tahun 1998. Saratoga Capital merupakan perusahaan yang berkonsentrasi dalam bidang sumber daya alam dan infrastuktur.

Berkat semangatnya juga, kini ini dia menjabat sebagai CEO Saratoga Capital dan juga pimpinan di beberapa perusahaan, antara lain PT Adaro Energy Tbk yang merupakan salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia,  dan PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, perusahaan penyedia menara telekomunikasi. Sandi juga merupaka salah satu pendiri PT Recapital Advisors, sebuah perusahaan pengelola aset yang didirikan pada 1997 bersama teman sekolahnya, Rosan Roeslani.

Langkahnya yang paling hangat adalahmulai merambah dunia dirgantara dengan membeli saham PT Mandala Airlines yang hampir saja bangkrut. Dengan melihat potensi masyarakat Indonesia yang cenderung sering bepergian atau travelling, dirinya mecoba menghidupkan kembali salah satu maskapai kebanggan Indonesia tersebut.

Di sela-sela kesibukannya menjadi pengusaha, Sandiaga Uno yang  masih sempat berlari maraton ini juga menjadi sebagai anggota Komite Ekonomi Nasional (KEN) dan bendahara Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Selain itu, dirinya juga merupakan pendiri Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI). Dirinya pun pernah menjabat sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2005-2008. Sejak 2004 sampai September 2010 dia aktif di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), terakhir sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi.

Pada tahun  2009 silam, Sandi Uno bertengger dalam posisi ke-29 orang terkaya di Indonesia versi Forbes namun pada tahun 2011 ini melorot keurutan ke -37 dengan nilai kekayaan Rp 5,9 triliun.

“Saya mempelajari bahwa sukses itu mencakup berbagai macam hal, dengan hanya mendalami satu prinsip sukses atau hanya memfokuskan pada satu bagian dalam hidup, tidak akan membawa kita menuju puncak kesuksesan. Namun apabila kita terus selalu mencoba untuk belajar dari kesalahan dan kegagalan kita (trial and error), maka saya optimistis hal tersebutlah yang akan menghantarkan kita pada puncak kesuksesan,” ucapnya.

sumber : okezone.com dll

Iklan