Axioo Pico CJW 612, Kelebihan dan Kekurangan

axioo pico

Usia komputer PC saya sudah berusia 8 tahun lebih. Terbilang udzur untuk sebuah komputer PC. Maklum dengan spesifikasi AMD Duron 1,2 GB, RAM hanya 256 MB, HD 80GB, performa komputer saya begitu lamban, selamban bekicot maraton, hehe.. apalagi ketika membuka aplikasi grafis semacam Adobe Photoshop, Corel Draw, atau AutoCad, lemotnya minta ampun.

Padahal ketika saya beli pada tahun 2004, komputer saya sudah termasuk PC dengan spesifikasi yang ‘lumayan’, walaupun untuk beli yang berprosesor Intel belum kuat koceknya,hehe. Karena begitu lambannya, maka saya putuskan untuk menjual komputer saya. Karena sekarang lagi ngetrend komputer jinjing atau laptop, notebook, tablet, maka setelah saya pertimbangkan masak-masak, saya putuskan untuk membeli sebuah laptop kecil, atau bisa dibilang notebook. Selain karena lebih ringkas, juga menyesuaikan dengan budget yang terbatas “^_^”

Mulailah saya melakukan survey kecil-kecilan untuk hunting harga notebook termurah, dengan spesifikasi yang sekelas. Setelah mengoleksi beberapa brosur tentang berbagai merk notebook, pilihan saya jatuh pada notebook AXIOO PICO CJW 612 warna merah. Dengan spesifikasi :
• 10” lebar monitor
• Intel Atom Dual Core N2600 (1,6 GHz, 1 M chace)
• DDR3 1GB
• HDD 250 GB
• WIFI, CARD READER, 1.3 MPX WEBCAM
Harga penawaran saat itu Rp. 2.150.000,- setelah saya tawar-tawar beberapa menit, jadilah pada harga 2 juta pas. Lumayan dapat diskon 150.000 rupiah, bonus berbagai aplikasi dan sebuah tas notebook cantik.

Setelah beberapa hari Axioo Pico saya pakai, ada beberapa kelebihan dan kelemahan pada Axioo Pico ini, kalau dari segi kelebihan, ada pada harga yang jelas lebih murah dibanding merk ASUS, ACER atau HP. Ada beberapa Axioo yang mempunyai harga dibawah 2 juta, yaitu AXIOO PICO PJM 715, namun kekurangannya ada pada prosesor yang masih dikisaran N570, jauh dibawah CJW 612 yang mencapai N2600.

Garansi servis sampai 3 tahun, sedangkan garansi spare part 1 tahun. Selama hampir 3 bulan memakai, saya belum menemukan masalah pada operasional notebook ini. Keyboard lumayan empuk. Namun ada teman yang mengeluhkan kerusakan keyboard ini pada pemakaian sekitar 6 bulan, sehingga harus dibawa ke servis center terdekat. Maka dari itu saya membeli pelindung keyboard.

Sedangkan beberapa handicap dari AXIOO PICO ini adalah pada mouse yang terlalu keras, terkadang saya kesulitan untuk sekedar menggerakkan cursor. Namun ternyata, mouse ini harus digerakkan dengan jari yang agak mengambang. Tapi tetap saja saya kurang nyaman, maka dari itu saya belain untuk membeli mouse terpisah.

Batrei notebook ini termasuk tidak dapat bertahan lama, hanya bertahan selama 2 jam saja, hal ini karena AXIOO PICO ini hanya dibekali dengan batrei 3 cell saja. Kalau ingin durasi agak lama, harus mengganti batrei 6 cell, namun agan harus merogoh kocek sekitar 400 ribuan. Selebihnya tidak ada masalah berarti pada Axioo Pico ini.

Jadi bagi anda yang ingin membeli atau masih survey tentang notebook, tidak ada salahnya memilih jenis ini, namun bagi yang mempunyai budget lebih, ada baiknya memilih notebook yang mempunyai kemampuan batrei lebih lama. Selamat berburu notebook.

Iklan

2 thoughts on “Axioo Pico CJW 612, Kelebihan dan Kekurangan

Komentar ditutup.