Tips Mengatasi Cegukan Paling Manjur

Seringkali setelah makan, dan tidak lekas minum air putih atau sejenisnya, kita mengalami cegukan atau dalam bahasa inggris disebut ‘hiccup’. Kadang sebagian orang salah kaprah dalam menyebut cegukan ini, salah satunya ‘sendawa’, padahal sendawa dan cegukan adalah hal yang berbeda.

Sendawa, dalam bahasa jawa disebut “glegek’en”, keadaan dimana keluar udara dari mulut, atau istilahnya keluar kentut dari mulut, berbunyi Heek, heeek, heeek, dst. Sedangkan Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Hiks,,,hiks,,,hiks,,,terasa seperti sesak didada.

Jika anda pernah mengalaminya, tentu sangat mengganggu kita. Nah ada tips jitu mengatasi cegukan yang berkepanjangan. Bahkan bagi anda yang berjam-jam cegukan tidak menghilang.

Saya pernah mengalami cegukan ini hampir 3-4 jam, segala cara sudah saya coba. Meminum minuman berkarbonasi atau FANTA, cegukan pun hilang, namun selang beberapa menit, cegukan kambuh lagi. Pernah ada yang menyarankan untuk mengkonsumsi gula pasir, namun efeknya sama saja. Hingga saya iseng-iseng mencoba Google dan search tentang Cegukan, hasilnya adalah sebagai berikut, cara ini telah saya coba, dan hasilnya luar biasa, cegukan saya hilang.

TIPS MENGATASI CEGUKAN

1. Ambil posisi ‘rukuk’, istilah dalam shalat muslim, atau posisi membungkuk, tangan diletakkan di kedua belah lutut.
2. Tarik nafas dalam-dalam, dan tahan nafas semampu anda kuat. Pada beberapa kasus, saya sampai (maaf) kentut, namun setelah kentut, cegukan menjadi hilang. Sampai sekarangpun, kalau cegukan saya kambuh, segera saya melakukan langkah diatas.
3. Lakukan berulang-ulang sampai cegukan hilang.

Bagaimana ? sudah anda coba langkah diatas? semoga cegukan Anda lekas sembuh….

Iklan